Penggugat Bersikukuh Zikir Pernah Janji Rp 1 Juta Per KK

SHARE:

Selasa, 2 Februari 2016 14:32/ Serambi Indonesia BANDA ACEH - Dua istri mantan kombatan Gerakan Aceh Merdeka (GAM) selaku penggugat teta...


Selasa, 2 Februari 2016 14:32/ Serambi Indonesia


BANDA ACEH - Dua istri mantan kombatan Gerakan Aceh Merdeka (GAM) selaku penggugat tetap bersikukuh bahwa pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur (Wagub) Aceh periode 2012-2017, dr Zaini Abdullah-Muzakir Manaf (Zikir) pernah menyampaikan janji Rp 1 juta per kepala keluarga (KK) setiap bulan untuk warga Aceh. Janji itu disampaikan dalam kampanye pasangan ini pada Pilkada 2012 lalu.

Hal itu disampaikan dalam replik oleh pengacara penggugat dari Yayasan Advokasi Rakyat Aceh (YARA), Yusi Muharnina SH dan Elsa Yumilda SH kepada majelis hakim di Pengadilan negeri Banda Aceh, Senin (1/2). Replik tersebut menanggapi jawaban atas gugatan penggugat yang disampaikan oleh Pemerintah Aceh di bawah kepemimpinan Zikir selaku tergugat.

Kedua penggugat adalah Cut Lilis Suryani, istri almarhum Junaidi alias Beurujuk yang ditembak polisi di area Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Batuphat, Kecamatan Muara Satu, Kota Lhokseumawe, Kamis 27 Agustus 2015. Penggugat kedua, Nurfitriani, istri almarhum Ridwan yang ditembak polisi di rumahnya Desa Pulo Meuria, Kecamatan Geureudong Pase, Aceh Utara, Kamis 20 Agustus 2015.

“Dalam kampanye politiknya yang disampaikan oleh pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur Aceh terpilih periode 2012-2017, dr Zaini Abdullah dan Tgk Muzakir Manaf (Zikir) dalam 55 kali kampanye pada tanggal 22 Maret - April 2012 di tingkat provinsi maupun kabupaten kota di Aceh,” bunyi replik tersebut yang diperoleh Serambi.

Bahkan, tulis penggugat dalam repliknya, janji Rp 1 juta per KK itu juga pernah dipublikasikan di media massa yang tergabung dalam 21 janji pro rakyat pasangan Zikir pada media massa di Aceh (Serambi Indonesia), Senin 25 Juni 2012. Sayangnya, hingga tiga tahun kepemimpinan Zikir, janji tersebut belum pernah direalisasi.

Usai menyerahkan salinan replik tersebut, majelis hakim yang diketuai Cahyono SH MH dibantu hakim anggota Totok Yanuarto SH MH dan Ngatemin SH MH menunda sidang hingga Selasa (9/2) mendatang dengan agenda duplik dari tergugat. Pada sidang kemarin, tergugat diwakili oleh pengacaranya, M Nurdin SH dan Bahrul Ulum SH MH.

Sebelumnya diberitakan, Gubernur Aceh Zaini Abdullah dalam jawaban atas gugatan penggugat membantah pernah menjanjikan masyarakat Aceh akan mendapatkan uang sebesar Rp 1 juta per KK setiap bulan dalam kampanyenya pada Pilkada 2012 lalu. Karena tidak pernah berjanji, maka Gubernur Zaini merasa tidak memiliki kewajiban untuk memberinya.

Selain itu, para penggugat dinilai tidak memiliki kedudukan hukum (legal standing) mengugat Gubernur Aceh. Sehingga apa yang didalilkan oleh penggugat dalam gugatannya yang menyebutkan tergugat ingkar janji tidak tepat menurut hukum keperdataan. Karena para penggugat dan tergugat tidak pernah melakukan perjanjian/kontrak, sehingga gugatan para penggugat tidak memiliki dasar hukum.

Menanggapi hal itu, penggugat mengungkap bahwa gugatan pihaknya sama sekali tidak ada kekeliruan dalam menetapkan pihak yang patut digugat. Bahkan antara penggugat dan tergugat memiliki hubungan hukum terkait perjanjian yang dijanjikan tergugat sewaktu maju menjadi Gubernur Aceh periode 2012-2017.

“Sangat jelas ada hubungan perjanjian antara para penggugat dan tergugat, karena para penggugat telah mendukung dan memilih tergugat untuk menjadi Gubernur Aceh periode 2012-2017. Dengan melihat sikap tergugat yang telah menjabat sebagai Gubernur Aceh selama tiga tahun, namun belum melaksanakan prestasinya, maka sangat jelas tergugat telah melakukan perbuatan wanprestasi (ingkar janji),” katanya.(mas)

photo

 

COMMENTS

Nama

Aceh,46,Aminullah,3,Android,1,Apakarya,2,Banda Aceh,22,Bantuan,4,belaislam,3,Citizen,15,Demokrasi,8,Diskusi,8,Gempa,10,Internasional,4,Irwandi,3,Irwandinova,2,Jokowi,1,Kampus dan Pendidikan,2,Korupsi,1,KPK,1,Kriminal,3,Nasional,19,Netizen,26,News,32,News Juragan,8,Om Telolet Om,2,Opini,19,Ospek,2,Pendidikan,5,Pidie Jaya,7,Pilkada,63,pln,2,Political Club,11,Politik,26,Pospera Aceh,1,Pungli,1,Renungan.,1,Sejarah,3,Serba - Serbi,10,Sosok,10,Tekno,10,tips,2,Video,2,
ltr
item
Kabar Aceh Terkini: Penggugat Bersikukuh Zikir Pernah Janji Rp 1 Juta Per KK
Penggugat Bersikukuh Zikir Pernah Janji Rp 1 Juta Per KK
https://3.bp.blogspot.com/-KMRTq-jC49A/VrDLVgYMMTI/AAAAAAAAAWA/1Rge9BOMWN8/s640/janji%2Bzikir%2B21.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-KMRTq-jC49A/VrDLVgYMMTI/AAAAAAAAAWA/1Rge9BOMWN8/s72-c/janji%2Bzikir%2B21.jpg
Kabar Aceh Terkini
http://www.serambiaceh.com/2016/02/penggugat-bersikukuh-zikir-pernah-janji.html
http://www.serambiaceh.com/
http://www.serambiaceh.com/
http://www.serambiaceh.com/2016/02/penggugat-bersikukuh-zikir-pernah-janji.html
true
8588299204329277108
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy