PNA dan Irwandi dalam Pilkada 2017: Siapa diatas Angin?

SHARE:

Banyak selentingan dan pendapat yang menyebutkan kondisi politik Aceh berbeda dengan wilayah lain, sehingga survey tidak bisa....

Irwandi Yusuf calon Gubernur Aceh terkuat
Meski Partai Nasional Aceh (PNA) hanya memiliki 3 dari 81 kursi di DPRA, namun kiprah partai berlambang bintang dan padi kapas ini senantiasa menarik perhatian khalayak di Aceh. Selain karena Partai ini merupakan satu-satunya Partai  yang secara tegas menunjukkan oposisi terhadap Partai penguasa,  nama Irwandi Yusuf sebagai salah satu pendirinya juga menjadi magnet yang membuat partai ini menarik untuk diperbincangkan.

Menjelang Pilkada 2017, awal-awal PNA sudah mewacana mengusung dan mendukung kembali Irwandi Yusuf untuk maju baik jika melalui jalur partai maupun jalur independen. Sikap ini bukan hanya karena Irwandi Yusuf sebagai pendiri PNA, namun lebih karena kapasitas yang dimiliki Irwandi Yusuf yang diharapkan dapat mengembalikan pembangunan Aceh ke arah yang benar, setelah mengalami berbagai kemunduran ketika ditangan pasangan ZIKIR.

Ini seiring dengan dasar pendirian PNA yang bertujuan untuk membangun wadah politik yang khas Aceh dalam memperjuangkan aspirasi rakyat demi tercapainya masyarakat yang demokratis dan sejahtera.

Mencuatnya nama Irwandi Yusuf sebagai bakal calon Gubernur Aceh ternyata telah menghidupkan kembali harapan rakyat untuk dapat melihat Aceh yang lebih baik, sejahtera, bermartabat dan layak disejajarkan dengan masyarakat wilayah lain yang telah maju.

Sehingga tak heran semua survey yang dilaksanakan lembaga profesional dan kredibel senantiasa menempatkan Irwandi Yusuf sebagai calon gubernur terkuat diantara kandidat lain yang telah muncul.
[next]
Banyak selentingan dan pendapat yang menyebutkan kondisi politik Aceh berbeda dengan wilayah lain, sehingga survey tidak bisa dijadikan pedoman dalam memprediksikan siapa yang bakal jadi Gubernur dalam Pilkada nanti. Pendapat ini merujuk pada Pilkada sebelumnya, yang mana taktik kekerasan dan keberanian untuk melakukan kecurangan merupakan faktor penting yang menentukan siapa pemenang dalam pemilihan tersebut.

Namun situasi hari ini tidaklah sama dengan kondisi lima tahun lalu. Saat itu semua kekuatan politik baik tingkat propinsi maupun nasional berada dibelakang Gubernur dan Wakil Gubernur yang berkuasa sekarang. Sehingga berbagai kekerasan dan kecurangan yang terhadap PNA dan pendukung Irwandi Yusuf sangat leluasa dilakukan.

Saat ini lain, kandidat dari Partai Aceh hanya didukung Partai Gerindra, PKS dan PAN yang notabene-nya sedang berada dalam lingkaran luar kuasa politik nasional. Selain itu kali ini PNA dan Irwandi tidak sendiri, meski ada kesempatan maju dari jalur independen PNA dan Irwandi lebih memilih membangun kekuatan bersama partai-partai lainnya.

Sehingga memilih Nova Iriansyah, ketua DPW Demokrat sebagai wakilnya dengan didukung penuh dari PDA, PKB dan PDIP yang segera akan merapat. Ditambah lagi ribuan kelompok relawan yang telah terbentuk di seluruh Aceh yang siap memenangkan pasangan Irwandi-Nova.

Selain itu pada Pilkada kali ini rakyat akan lebih objektif karena telah melihat dan merasakan  serta membandingkan pemerintahan pada masa ZIKIR dan masa Irwandi Yusuf. Juga simpul-simpul kekuatan Partai Aceh baik ditingkat atas maupun tingkat bawah sudah banyak tercerai berai, yang menyebabkan kerja-kerja pemenangan bagi kandidat yang diusung partai ini akan terganggu.
[next]
Kondisi ini juga diperparah dengan berbagai janji dan mimpi kampanye yang disampaikan pada Pilkada sebelumnya tidak satupun yang dapat direalisasikan oleh pemerintah saat ini.

Di lain pihak PNA dan partai-partai pengusung sertai  para relawan terus bekerja keras siang malam dan mengkonsolidasikan diri untuk memastikan kemenangan pasangan Irwandi Yusuf dan Nova Iriansyah. Selain itu meski PNA tidak memiliki kursi yang memadai di Kabupaten/Kota, namun hampir setiap hari partai ini dikunjungi para calon bupati atau walikota dari seluruh Aceh menawarkan kerjasama untuk memenangkan Irwandi-Nova di Pilkada 2017.

Sebagian besar pendukung calon bupati atau walikota yang datang tersebut justru yang selama ini bukan basis tradisional PNA atau  Irwandi Yusuf, sehingga potensi bertambahnya dukungan kepada Irwandi dan Nova juga semakin terbuka lebar.

Dari pemetaan wilayah Irwandi-Nova juga memiliki peluang lebih besar, lumbung-lumbung suara di wilayah Timur, mulai dari Aceh Besar, Pidie Jaya, Bireuen, Aceh Timur dan Aceh Tamiang cendrung mengarah kepasangan ini.

Sementara basis terkuat Muzakir Manaf di Aceh Utara tak sepenuhnya dapat dikuasai, karena pemilih di wilayah ini akan terpecah memilih Tarmizi Karim. Sementara di Pidie yang juga memiliki pemilih yang besar, semua kandidat  masih berpulang meraih moyaritas, termasuk Irwandi.
[next]
Untuk 4 kabupaten wilayah Tengah hampir dipastikan akan dimenangkan Irwandi,sementara di Barat Selatan semua kandidat memiliki kans yang sama.

Dengan fakta-fakta tersebut, sangat janggal ketika salah satu media online di Aceh menerbitkan 2 artikel  yang menyebutkan Muzakir Manaf berada diatas angin. Fakta-fakta tersebut juga dengan terang benderang menunjukkan siapa yang sebenarnya berada diatas angin.

Namun demikian, bagi partai dan pendukung Irwandi-Nova kerja keras selama ini sama sekali tidak boleh dihentikan, karena disetiap tikungan ada saja kesempatan lawan menyalib. Dan pengalaman Pilkada lalu agar jadi pelajaran untuk tidak memberikan kesempatan dan sedikitpun ruang bagi lawan menyalib, apalagi dengan cara yang curang karena suara rakyat harus dimenangkan, harapan rakyat harus diwujudkan tahun 2017 ini.    

1 September 2016
PNA Lampoh Sawo
pnalampohsawo@gmail.com
https://www.facebook.com/pna.lampohsawo

COMMENTS

Nama

Aceh,46,Aminullah,3,Android,1,Apakarya,2,Banda Aceh,22,Bantuan,4,belaislam,3,Citizen,15,Demokrasi,8,Diskusi,8,Gempa,10,Internasional,4,Irwandi,3,Irwandinova,2,Jokowi,1,Kampus dan Pendidikan,2,Korupsi,1,KPK,1,Kriminal,3,Nasional,19,Netizen,26,News,32,News Juragan,8,Om Telolet Om,2,Opini,19,Ospek,2,Pendidikan,5,Pidie Jaya,7,Pilkada,63,pln,2,Political Club,11,Politik,26,Pospera Aceh,1,Pungli,1,Renungan.,1,Sejarah,3,Serba - Serbi,10,Sosok,10,Tekno,10,tips,2,Video,2,
ltr
item
Kabar Aceh Terkini: PNA dan Irwandi dalam Pilkada 2017: Siapa diatas Angin?
PNA dan Irwandi dalam Pilkada 2017: Siapa diatas Angin?
Banyak selentingan dan pendapat yang menyebutkan kondisi politik Aceh berbeda dengan wilayah lain, sehingga survey tidak bisa....
https://1.bp.blogspot.com/-bTWQZuC2hFA/V8m8X6PJ4XI/AAAAAAAAAJI/TO0CnIYKaWk_XzXJchyUYJLyQzMt2DOTQCLcB/s400/WhatsApp%2BImage%2B2016-09-01%2Bat%2B23.27.23.jpeg
https://1.bp.blogspot.com/-bTWQZuC2hFA/V8m8X6PJ4XI/AAAAAAAAAJI/TO0CnIYKaWk_XzXJchyUYJLyQzMt2DOTQCLcB/s72-c/WhatsApp%2BImage%2B2016-09-01%2Bat%2B23.27.23.jpeg
Kabar Aceh Terkini
http://www.serambiaceh.com/2016/09/pna-dan-irwandi-dalam-pilkada-2017.html
http://www.serambiaceh.com/
http://www.serambiaceh.com/
http://www.serambiaceh.com/2016/09/pna-dan-irwandi-dalam-pilkada-2017.html
true
8588299204329277108
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy