Cara Kreatif Irwandi Nova Menciptakan Pengusaha Muda

SHARE:

Aceh akan memiliki program khusus terhadap penanggulangan pengangguran dan pengentasan kemiskinan, tidak hanya menawarkan program “cet langet” setiap tahun-nya tanpa ada implementasi kebijakan yang riil terhadap penciptaan lapangan kerja di Aceh.

Aceh Entrepreneurship - irwandinova

Irwandi - Nova Ingin Anak Muda Aceh jadi Pengusaha 

(cara merubah insting cari lowongan kerja ke insting mencari ide menjadi pengusaha kreatif).

Lima provinsi dengan Tingkat Pengangguran Tertinggi (TPT) pada Februari 2016 masing-masing yaitu; 
  • Kepulauan Riau sebesar 9,03 persen, 
  • Kalimantan Timur 8,86 persen, 
  • Jawa Barat 8,57 persen, 
  • Aceh 8,13 persen 
  • Banten 7,95 persen.
Data Sosial Ekonomi BPS menunjukkan tingkat pengangguran di Aceh periode Februari 2016 tertinggi ke-empat di Indonesia setelah Kepri, Kaltim, dan Jabar. Selanjutnya, lima provinsi dengan Tingkat Pengangguran Tertinggi (TPT) terendah yaitu; 
  • Bali 2,12 persen, 
  • Sulawesi Barat 2,73 persen, 
  • D.I Yogyakarta 2,81 persen, 
  • Papua 2,97 persen 
  • dan Maluku Utara 3,43 persen.
Jumlah Pengangguran Februari 2016 Publikasi BPS Aceh triwulan I 2016 pada 4 Mei 2016 juga menunjukkan angka pengangguran Aceh periode Februari 2016 masih tinggi dibanding periode Februari 2015 lalu, mencapai 8,13 persen.

Jumlah Pengangguran di Aceh per Februari 2016 mencapai 182 ribu orang, mengalami peningkatan sebesar 7 ribu dibandingkan dengan kondisi Februari 2015 lalu yaitu 175 ribu (7,73 persen), namun lebih rendah dari TPT Agustus 2015 sebesar 9,93 persen.

Sebagai daerah penerima dana Otonomi Khusus (Otsus), masih tingginya angka pengangguran Aceh tentu masih menjadi masalah serius bagi pembangunan Aceh ke depan.

Jika kita bandingkan dengan Provinsi Papua dan Papua Barat yang juga daerah penerima dana Otsus, Aceh masih tertinggal jauh dari sisi penanggulangan pengangguran. Periode Februari 2016, angka pengangguran Papua hanya 2,97 persen dan Papua Barat 5,73 persen.

Pengangguran yang terjadi di aceh umumnya disebabkan karena kurangnya lapangan pekerjaan, modal usaha yang tidak memadai atau lemahnya daya saing sehingga tidak terpacu untuk membangun ide-ide baru.

Beberapa faktor penyebab diatas seharusnya dapat ditangani apabila orientasi pencari kerja berubah dari employee (karyawan/pegawai) menjadi self employee (pekerja mandiri) sampai ke tahap bisnis owner dengan jiwa entrepreneurship.

Tentunya perubahan mindset tersebut butuh bantuan pemerintah baik dari segi modal maupun pelatihan untuk membangun startup-startup potensial.

Aceh Entrepreneurship

Entrepreneurship bisa meliputi pembangunan / pembentukan sebuah usaha atau perusahaan baru. Lebih tepatnya bisa diartikan; 'kegiatan kewirausahaan', kemampuan seseorang membangun bisnis yang dimulai dari nol atau terobosan yang smart, kemampuan manajerial yang sistematis hingga ia sukses dan mampu memberi inspirasi bagi orang lain.

Di Aceh, jiwa entrepreneurship masih kalah jauh bila dibandingkan dengan wilayah perkotaan besar, sebut saja seperti Jakarta, Medan, Surabaya dll.

Di kota-kota besar ini, para entrepreneur muda tumbuh tak terbendung, diakibatkan oleh faktor-faktor yang spesifik, misalnya tingkat kepintaran yang tinggi, memiliki daya saing (competitions) yang mau tak mau harus ia ikuti, ide-ide baru terus tumbuh berkembang menjadi industri nyata yang bila tak mampu bersaing langsung terlindas oleh masa.

Di Aceh, ada anak muda yang pintar, tetapi tidak memiliki modal untuk bangkit, disinilah pemerintah harus bekerja, melihat kelemahan rakyatnya.

Bila ia memiliki kemauan yang keras untuk membangun bisnisya tapi tidak punya modal, maka pemerintahlah yang datang merangkul, memberikan berbagai kemudahan baginya. Misalnya ia diberikan modal usaha yang aturannya dipermudah dan diperlancar, bukan dipersulit.

Ada 3 poin penting bagaimana cara merangsang tumbuhnya wirausahawan yang ditunjang dengan kemudahan akses terhadap modal, keterampilan dan pasar yang ditawarkan Irwandi - Nova, diantaranya adalah :
  1. Peningkatan peran serta lembaga keuangan dan pembiayan lokal untuk terlibat aktif dalam pembinaan dan dukungan modal usaha bagi wirausahawan muda;

  2. Memastikan partisipasi sektor swasta dan BUMN untuk menggunakan dana CSR secara terkoordinir dan satu pintu untuk meningkatkan sumber pembiayaan bagi wirausaha

    Sedikit penjelasan soal dana CSR:
    "Dana CSR (corporate social responsibility) adalah dana yang dikeluarkan oleh sebuah perusahaan, baik milik pribadi, corporasi maupun milik badan usaha milik negara (BUMN) dari keuntungan perusahaan yang wajib disisihkan untuk kegiatan-kegiatan sosial."

    Nah, jika Irwandi - Nova menang, dana CSR di Aceh akan diarahkan secara khusus, fokus dan tepat sasaran untuk mengembangkan dunia kewirausahaan 'aneuk nanggroe', agar semakin ramai orang Aceh yang terjun dalam dunia usaha yang produktif.
  3. Pelibatan perguruan tinggi dan koperasi dalam pembinaan manajemen bagi wirausaha muda.
Sisi inilah yang akan diimplementasikan pasangan Irwandi - Nova. Pasangan ini benar-benar ingin membantu para pihak untuk bisa mandiri secara ekonomi melalui peningkatan ketrampilan berwirausaha.

Aceh akan memiliki program khusus terhadap penanggulangan pengangguran dan pengentasan kemiskinan, tidak hanya menawarkan program “cet langet” setiap tahun-nya tanpa ada implementasi kebijakan yang riil terhadap penciptaan lapangan kerja di Aceh.

Harus diketahui bersama, Otsus Aceh hanya tinggal 2 periode pergantian gubernur lagi (sampai 2027), maka jika pembangunan Aceh tidak segera berorientasi pada penciptaan lapangan kerja, bisa diprediksi 10 tahun mendatang Aceh akan booming pengangguran dan ikut berdampak pada semakin tinggi angka kemiskinan.

Kita berharap agar masyarakat Aceh lebih cerdas dalam menentukan pemimpin Aceh ke depan.

COMMENTS

Nama

Aceh,46,Aminullah,3,Android,1,Apakarya,2,Banda Aceh,22,Bantuan,4,belaislam,3,Citizen,15,Demokrasi,8,Diskusi,8,Gempa,10,Internasional,4,Irwandi,3,Irwandinova,2,Jokowi,1,Kampus dan Pendidikan,2,Korupsi,1,KPK,1,Kriminal,3,Nasional,19,Netizen,26,News,32,News Juragan,8,Om Telolet Om,2,Opini,19,Ospek,2,Pendidikan,5,Pidie Jaya,7,Pilkada,63,pln,2,Political Club,11,Politik,26,Pospera Aceh,1,Pungli,1,Renungan.,1,Sejarah,3,Serba - Serbi,10,Sosok,10,Tekno,10,tips,2,Video,2,
ltr
item
Kabar Aceh Terkini: Cara Kreatif Irwandi Nova Menciptakan Pengusaha Muda
Cara Kreatif Irwandi Nova Menciptakan Pengusaha Muda
Aceh akan memiliki program khusus terhadap penanggulangan pengangguran dan pengentasan kemiskinan, tidak hanya menawarkan program “cet langet” setiap tahun-nya tanpa ada implementasi kebijakan yang riil terhadap penciptaan lapangan kerja di Aceh.
https://2.bp.blogspot.com/-ayeBR1IuEVo/V-_2157FoHI/AAAAAAAAAb4/jzmGKm-MRcojb0W3rKqR846DlhLzzi6gACLcB/s640/14445998_10157615699440094_442636225307184052_n.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-ayeBR1IuEVo/V-_2157FoHI/AAAAAAAAAb4/jzmGKm-MRcojb0W3rKqR846DlhLzzi6gACLcB/s72-c/14445998_10157615699440094_442636225307184052_n.jpg
Kabar Aceh Terkini
http://www.serambiaceh.com/2016/10/cara-kreatif-irwandi-nova-menciptakan.html
http://www.serambiaceh.com/
http://www.serambiaceh.com/
http://www.serambiaceh.com/2016/10/cara-kreatif-irwandi-nova-menciptakan.html
true
8588299204329277108
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy