Gara-gara GAM Cantoi rusak susu sebelanga

SHARE:

Kini GAM sudah dicaci maki oleh mayarakat yang saban tahun ditindas oleh orang-orang yang mengaku mantan pejuang yang bertempur di bawah bendera Aceh Merdeka...

Munawar Liza Zainal


Banda Aceh- Gara-gara nila setitik rusak susu sebelanga. Demikianlah perumpamaan yang cocok disemat kepada organisasi Gerakan Aceh Merdeka (GAM) yang perjuangannya telah ditarik untuk kepentingan kekuasaan oknum di tubuh partai lokal yang mengaku didirikan partai untuk melanjutkan perjuangan kemerdekaan Aceh.
Akhirnya, kini GAM sudah dicaci maki oleh mayarakat yang saban tahun ditindas oleh orang-orang yang mengaku mantan pejuang yang bertempur di bawah bendera Aceh Merdeka.
Munawar Liza Zainal, mantan juru runding GAM di Helsinki, kepada aceHTrend.Co, Kamis (10/3/2016) mencoba menjelaskan duduk perkaranya kepada pembaca.

Munawar Liza mengatakan, setelah penandatanganan MoU Helsinki, TNA dibubarkan dan semua senjata dimusnahkan. Sebagai gantinya, pemerintah menarik semua tentara dan polisi non organik dari Aceh.

Kemudian untuk TNA, mantan tahanan dan korban konflik, diberikan beberapa program untuk mengejar ketertinggalan selama masa konflik. Seperti lapangan pekerjaan, pelatihan untuk peningkatan ekonomi, dan pemberian modal dasar atau tanah perkebunan bagi yang mau berusaha di gampong gampong.

“Ini bertujuan supaya mengejar ketertinggalan, bukan untuk menjadi warga kelas satu. Namun karena satu dan lain hal, program ini banyak yang tidak terlaksana seperti yang diharapkan,” terang mantan Wali Kota Sabang itu.

Di lain pihak, GAM membuat program yang bertujuan merubah mindset kombatan menjadi masyarakat biasa, sama seperti masyarakat lain, dan berjuang untuk mendapatkan tempat dalam kedudukan politik melalui jalur yang ada atau melalui parlok dan lain-lain.

Entah bagaimana, setelah ribut-ribut pemilihan akhir 2006, ada yang mau merubah partai politik menjadi GAM, parlok didandani dengan simbol-simbol dan identitas GAM. Akhirnya, setiap kesalahan yang dilakukan oleh kader partai, atau pejabat yang diusung oleh partai, GAM menerima akibatnya. 

Hampir semua struktur, simbol, nama-nama yang dipakai oleh GAM dahulu, sekarang dipergunakan oleh partai. Sebuah hal yang salah, sebab GAM bukan partai. GAM milik semua rakyat Aceh dari berbagai partai yang ada.

“Sebagian, termasuk pemerintah pusat, merasa nyaman dengan kondisi begini dan adanya pembiaran. Tetapi dari GAM sendiri banyak juga yang melawan walau akhirnya dituding sebagai pengkhianat yang tidak ikot endatu. Padahal endatu dulu menegakkan marwah dan identitas rakyat Aceh, bukan menjadikan rakyat menjadi kelas dua di tanah mereka,” terangnya.

Di akhir pembicaraan, Munawar menjelaskan silang sengkarut yang ditimbulkan oleh perilaku oknum eks TNA selama ini adalah atas kepentingan pribadi semata atau kelompok. Bukan geunareh perjuangan.

“Diraihnya perdamaian, cuma sedikit ditentukan oleh kuatnya angkatan perang. Sebagian besar yang lain adalah doa dan ketabahan masyarakat dalam membela para pejuang sehingga tidak kalah dalam perang,” imbuhnya.

Sumber: acehtrend.co

COMMENTS

Nama

Aceh,46,Aminullah,3,Android,1,Apakarya,2,Banda Aceh,22,Bantuan,4,belaislam,3,Citizen,15,Demokrasi,8,Diskusi,8,Gempa,10,Internasional,4,Irwandi,3,Irwandinova,2,Jokowi,1,Kampus dan Pendidikan,2,Korupsi,1,KPK,1,Kriminal,3,Nasional,19,Netizen,26,News,32,News Juragan,8,Om Telolet Om,2,Opini,19,Ospek,2,Pendidikan,5,Pidie Jaya,7,Pilkada,63,pln,2,Political Club,11,Politik,26,Pospera Aceh,1,Pungli,1,Renungan.,1,Sejarah,3,Serba - Serbi,10,Sosok,10,Tekno,10,tips,2,Video,2,
ltr
item
Kabar Aceh Terkini: Gara-gara GAM Cantoi rusak susu sebelanga
Gara-gara GAM Cantoi rusak susu sebelanga
Kini GAM sudah dicaci maki oleh mayarakat yang saban tahun ditindas oleh orang-orang yang mengaku mantan pejuang yang bertempur di bawah bendera Aceh Merdeka...
https://3.bp.blogspot.com/-97U-jsveQPo/V_VsIk4cENI/AAAAAAAAAec/oLofFVKlKvs37xkCiozfRv5TCkAAogsnQCLcB/s640/Munawar%2BLiza%2BZainal.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-97U-jsveQPo/V_VsIk4cENI/AAAAAAAAAec/oLofFVKlKvs37xkCiozfRv5TCkAAogsnQCLcB/s72-c/Munawar%2BLiza%2BZainal.jpg
Kabar Aceh Terkini
http://www.serambiaceh.com/2016/10/gara-gara-gam-cantoi-rusak-susu.html
http://www.serambiaceh.com/
http://www.serambiaceh.com/
http://www.serambiaceh.com/2016/10/gara-gara-gam-cantoi-rusak-susu.html
true
8588299204329277108
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy