Investasi Generasi Muda Aceh Yang Kreatif Dan Inovatif Untuk Membuka Cakrawala Dunia

SHARE:

Berbicara tentang pendidikan di zaman modern ini rasanya sudah tidak asing lagi, kesadaran masyarakat untuk menempuh pendidikan sudah lebih tinggi. Hal ini tentunya juga di dorongoleh tuntutan zaman yang mengharuskan setiap individu untuk memperoleh pendidikan yang setinggi-tingginya.


Aceh merupakan bagian terujung Indonesia bagian barat yang menyimpan beragam cerita, kekayaan alam dan budaya yang patut untuk di banggakan. Dahulu, Di ujung pulau sumatra iniaceh berdiri dengan gagah dan membuat yang lain takut kepadanya. Aceh dikenal dengan daerah yang mempunyai jiwa pemberani, berani mempertahankan daerahnya dalam segala hal walaupun hidup atau mati taruhannya. Tak kenal menyerah untuk mendapatkan kemerdekaannya. Sekarang, saat aceh telah merdeka semenjak berpuluh puluh tahunyang lalu, tak dapat di pungkiri bahwa masih banyak jiwa yang belum di merdekakan. Mereka masih terbelenggu di dalam jajahannya sendiri. Masih banyak anak-anak yang seharusnya mengenyam pendidikan yang layak teruntai-untai di jalanan mengadahkantangan meminta-minta, berlari-lari kesana kemari bermain sesuka hati tanpa memperdulikanpendidikan untuk bekal masa depannya. Padahal di sadari atau tidak pendidikan merupakan pointpenting yang di butuhkan oleh semua orang dan sudah menjadihak segala bangsa untuk memperoleh pendidikan.

Berbicara tentang pendidikan di zaman modern ini rasanya sudah tidak asing lagi, kesadaran masyarakat untuk menempuh pendidikan sudah lebih tinggi. Hal ini tentunya juga di dorongoleh tuntutan zaman yang mengharuskan setiap individu untuk memperoleh pendidikan yang setinggi-tingginya. Namun, banyak sekali orang yang salah mengartikan tuntutan zaman sekarang ini. Mereka memang menempuh pendidikan setinggi-tingginya akan tetapi, tidak peduli pendidikan yang di terima itu bermutu atau tidak, Mereka hanya memikirkan bahwa jika ijazah sudah berada di tangan dan gelar sudah didapatkan, maka hal itu telah aman. Sehingga untuk mendapatkan kedua hal tersebut segala macam cara pun di tempuh. Tentu saja hal seperti ini tidaklah baik, namun itulah yang terjadi di bumi aceh tercinta kita saat ini, saatkesadaran mulai meningkat justru motivasi untuk terus maju dan membuat bangsa kita lebih baik dengan pendidikan malahterabaikan.

Di era digital sekarang ini pendidikan merambah begitu luas dan pesat, berbagai macam informasi dapat di terima dengan cepat. Kemajuan teknologi sekarang ini memudahkan kita untuk mengakses informasi apa saja yang kita inginkan. Lagi lagi tuntunan zaman yang semakin canggih mendorong kita untuk terus maju melangkah kedepan.Jangan sampai kita tertinggal jauh sekali di belakang hanya karena ketinggalan oleh perkembangan zaman. akan tetapi perkembangan zaman yang semakin canggih ini tidak selalu membawa dampak positif bagi semua orang, terkadang karena terlalu canggihnya dunia digital malah banyak orang yang melupakan budaya-budaya aceh kita yang dulu telah di ciptakan oleh orang-orang terdahulu kita untuk menunjukkan ciri khas daerah aceh sendiri. Anak-anak aceh terlalu lalaidengan dunia maya. Mereka terlalu lalai dengan gadget yang selalu berada di tangan mereka, sehingga mereka lupa bahwa aceh merupakan daerah yang kaya denganbudaya yang sangat menarik, bahkan orang daerah lainpun tertarik dengan budaya aceh.

Bangsa yang besar ialah bangsa yang menghargai jasa-jasa para pahlawannya. pahlawan yang dimaksud disini bukan hanya pahlawan yang berjuang di medan perang memperjuangkan kemerdekaan, tetapi juga pahlawan-pahlawan budaya yang melestarikan budaya-budaya yang sudah tercipta dari nenek moyang terdahulu agar tetap lestari sehingga dapat diketahui dan dinikmati oleh generasi selanjutnyasebagai salah satu ciri khas dan simbol tiap-tiap daerah khususnya daerah Aceh.“Lalu kenapa kita malah mengabaikannya?” kenapa kita lebih tertarik dengan budaya asing dari pada budaya daerah kita sendiri.Saya rasa ini juga di karenakan pendidikan budaya di aceh hanya di khususkan pada mereka yang mendalami bidang-bidang budaya saja namun tidak di ajarkan secara umum untuk semua orang, jadimereka merasa asing dengan budaya sendiri, sehingga menyebabkankurangnya motivasi generasi muda untuk melestarikan budaya aceh dan malah lebih tertarik untuk mengikuti budaya-budaya luar. Wahai generasi muda,mari kita bergerak untuk memperkenalkan budaya-budaya aceh dengan gerakan sekecil mungkin yang kita bisa. Mulailah lebih peduli terhadap budaya aceh, karena aceh itu menyimpan cerita yang unik dan menarik di dalam budayanya.Ayo kita lestarikan budaya aceh kita, jangan sampai budaya kita di ambil alih oleh oranglain yang bukan dari tanah kelahiran aceh kita.

Tidakada salahnya memang kita mengikuti budaya-budaya luar, namun kita juga tidak boleh melupaka budaya aceh kita. Seharusnya kita mengembangkan budaya aceh menjadi lebih kreatif dan inovatif agar generasi-generasi aceh berikutnya mempunyai semangat dan rasa bangga untuk terus menghidupkan budaya-budaya aceh. Untuk mewujudkan aceh yang lebih gemilang tak salahnya kita bergabungmengeluarkan segala inovasi-inovasi dan ide-ide kreatif yang kita punya untuk membangkitan kembali semangat anak-anak aceh. Bekerjasama untuk merangkul semua generasi-generasi aceh yang kurang beruntung untuk mendapatkan pendidikan bermutu yang sudah menjadi hak mereka. Bersatu suarabersatu tekad untuk menyakinkan bahwa kita bangga menjadi anak aceh, kita bangga dengan budaya kita. Dan untuk itu, kita harus buktikan bahwa kita mampu menjadi cerminan untuk daerah-daerah lain. Kita buktikan pada dunia bahwa disini, di tanah kelahiran kita ada banyak investasi generasi-generasi gemilang yang akan membuat dunia lebih baik lagi dengan izin Allah swt. Saya berharapkedepannya aceh dapat menciptakan generasi yang tidak hanya mempunyai IPTEK dan IMTAQtapi juga cinta pada tanah kelahirannya.Generasi yang mulia adalah generasi yang menempuh pendidikan sejauh yang ia bisa namun ia tak pernah melupakan tanah airnya. Ia selalu berusaha untuk membantu membangun aceh menjadi lebih baik lagi.

Kita tidak harus menunggu kapan aceh menjadi daerah yang gemilang, tetapi kita harus sama-sama berusaha mencari cara bagaimana membuat acehgemilang. Menurut saya salah satu yang dapat merubah aceh menjadi lebih baik lagi adalah dengan meningkatkan mutu pendidikan pada generasi-generasi muda aceh yang tentunya akan menjadi penerus bangsa kedepan. Selain itu, untuk menjadi daerah yang gemilang aceh juga harus mempunyai generasi yang tidakhanya bermutu tapi juga bermoral tinggi. Karena setinggi apa pun ilmu yang dia punya, sepandai apapun dia jika ia tidak mempunyaimoral dan adab yang baik makasemua itu akan sia-sia.moral dan adab adalah dua hal yang tidak dapat dipisahkan. moral dan adab terbahas dalam kitab/ bab akidah. kedua poin penting ini dapat dibentuk dengan penegakan agama islam dengan benar. Karena dalam islam moral dan adab sangat dijnjung tinggi. pembelajaran pendidikan nilai-nilai estetika dalam islam sangat diperlukan seperti bagaimana cara bersikap, bertutur kata, dan lain-lain. hal ini merupakan salah satu cerminan diri suatu daerah. Untuk itu kita harus membangun kembali moral-moral generasi aceh kedepannya sedini mungkin. Saya berharap generasi aceh kedepannya adalah generasi yang beradap tinggi, generasi yang menghormati semua suku,agama,ras dan perbedaan lainnya. Generasi yang pemikirannya maju dan terus berkembang tidak hanya untuk dirinya sendiri tetapi juga bermanfaat untuk tanah kelahirannya dan sekaligus untuk negerinyaindonesia.

Generasi muda sebagai penerus bangsa indonesia harus di selamatkan dari berbagai ancaman yang berkembang saat ini. Generasi muda harus di bekali dengan ilmu pengetahuan agama dan skill yang memadai agar bisa membentengi diri dari hal-hal negatif yang menyerang mereka. Generasi kedepan juga harussiaga untuk melawan segala penyerangan yang terjadi di masa mendatang, terutama penyerangan yang di arahkan pada akal dan pemikiran. Karena pada abad sekarang ini kecangihan teknologi terus berkembang, banyak orang-orang yang berusaha untuk menhgancurkan generasi aceh kita kedepannya dengan merusak generasi-generasi mudanya. salah satunya pengaruh buruk dari jejaring sosial yang mengandung budaya-budaya asing yang tidak patut untuk ditonton apalagi dicontoh.

Maka dari itu kita harus tumbuhkan kesadaran di dalam diri kita sendiri untuk memfilter kembali apa yang telah kita terima dari segala arah, kita harus kembali pada aceh yang semestinya. selain itu, masalah yang ditimbulkan karena jejaring sosial ialah menimbulkan kelalaian bagi pengaksesnya. rata-rata muda-mudi aceh bisa menghabiskan hampir setengah waktu dari keseluruhan jam belajarnya karena lalai mengkases jejaring sosial. Halinimerupakan salah satu pekerjaan yang sama sekali tidak produktif untuk dilakukan generasi penerus. generasi penerus ialah orang-orang yang nantinya akan meneruskan sederetan kepemimpinan di berbagai bidang seperti pemerintahan, perbankan, dan lain-lain. Jika generasi penerus tidak di bentuk dan dibiasakan dengan hal-hal yang baik dan benarmaka akan menjadi apa bangsa kita nantinya, mau dibawa kemana nantinya bangsa ini, akan dipimpin seperti apa bangsa ini?. Untuk mengantisipasi hal tersebut,Sekarang tugas kitalah para generasimuda aceh untuk membangkitkan kembali citra aceh yang dulu pernah berjaya.Aceh harus bangkit dan merajut kembali masa depan yang lebih baik. karena kalau bukan anak aceh, siapa lagi?

Penulis : Cut Maulia Agustina

COMMENTS

Nama

Aceh,46,Aminullah,3,Android,1,Apakarya,2,Banda Aceh,22,Bantuan,4,belaislam,3,Citizen,15,Demokrasi,8,Diskusi,8,Gempa,10,Internasional,4,Irwandi,3,Irwandinova,2,Jokowi,1,Kampus dan Pendidikan,2,Korupsi,1,KPK,1,Kriminal,3,Nasional,19,Netizen,26,News,32,News Juragan,8,Om Telolet Om,2,Opini,19,Ospek,2,Pendidikan,5,Pidie Jaya,7,Pilkada,63,pln,2,Political Club,11,Politik,26,Pospera Aceh,1,Pungli,1,Renungan.,1,Sejarah,3,Serba - Serbi,10,Sosok,10,Tekno,10,tips,2,Video,2,
ltr
item
Kabar Aceh Terkini: Investasi Generasi Muda Aceh Yang Kreatif Dan Inovatif Untuk Membuka Cakrawala Dunia
Investasi Generasi Muda Aceh Yang Kreatif Dan Inovatif Untuk Membuka Cakrawala Dunia
Berbicara tentang pendidikan di zaman modern ini rasanya sudah tidak asing lagi, kesadaran masyarakat untuk menempuh pendidikan sudah lebih tinggi. Hal ini tentunya juga di dorongoleh tuntutan zaman yang mengharuskan setiap individu untuk memperoleh pendidikan yang setinggi-tingginya.
https://3.bp.blogspot.com/-L0IhJw3QLgs/WFjkDozgGyI/AAAAAAAAACU/Ilrp9Vrv0PAPjSSYu4j0nav5_Tbuxmi4gCLcB/s640/cut-576x1024.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-L0IhJw3QLgs/WFjkDozgGyI/AAAAAAAAACU/Ilrp9Vrv0PAPjSSYu4j0nav5_Tbuxmi4gCLcB/s72-c/cut-576x1024.jpg
Kabar Aceh Terkini
http://www.serambiaceh.com/2016/12/investasi-generasi-muda-aceh-yang.html
http://www.serambiaceh.com/
http://www.serambiaceh.com/
http://www.serambiaceh.com/2016/12/investasi-generasi-muda-aceh-yang.html
true
8588299204329277108
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy